Jumat, 21 Juni 2013

Sedikit tentang PLTU Paiton

Bismillah...

Tulisan pertama saya diblog ini, dari pada nggak ada kerjaan hehe

Paiton merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Probolinggo dimana disinilah berada Kawasan Pembangkit Listik Tenaga Uap (PLTU) Paiton. Dimana PLTU Paiton sendiri merupakan satu diantara tiga pilar pembangkit yang ada di Jawa Bali selain PLTU di Jawa Tangah dan Jawa Barat.

PLTU Paiton sendiri saat ini memiliki 9 Unit Pembangkit. Unit 1dan 2 milik PJB, Unit 3, 7, dan 8 milik Paiton Energy ops by IPMOMI, Unit 5 dan 6 milik Jawa Power ops by YTL, dan terakhir Unit 9 milik PJB Service.

Sedangkan untuk kapasitasnya, unit 1 dan 2 masing-masing 370 MW, unit 3 815 MW, unit 5 dan 6 masing-masing 610 MW, unit 7 & 8 masing-masing 615 MW, dan unit 9 sekitar 700 MW. Dengan kapasitas sebesar itu maka PLTU Paiton merupakan salah satu komplek Pembangkitan yg sangat vital dan penting. Soalnya kalau terjadi kerusakan pada GITET Paiton, bisa jadi sebagian Jawa akan mengalami pemadaman bergilir, dan yg paling menakutkan adalah terjadinya "Black Out" atau kehilangan listrik seluruh Jawa Bali.

Saya sendiri "mburuh" di unit 5&6 dari tahun 2010. Sudah hampir 3 tahun berada dsini. Moga-moga aja betah ya dulur hehe. Ini 2 foto dari PLTU Paiton, ini ngambilnya pake kamera HP saya lhoh...haha *sombong*
Tampak dari kiri unit 3, unit 56, dan unit 78

Foto dari IPMOMI MOT, wuohh mendungnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar